• (021) 86601509
  • Klender, Jatiwaringin, Pondok Kelapa, Pondok Aren

Bahaya! Botol Dot Bayi, Dapat Merusak Gigi!

Hallo FDCiers – Tahukan kamu apa itu  Nursing Bottle karies ? Nursing Bottle karies adalah suatu keadaan yang terdapat pada anak – anak berusia +12 bulan  – 36 bulan. Yang mempunyai kebiasaan mengedot botol yang berisi susu atau cairan lain yang mengandung karbohidrat menjelang tidur sampai anak tertidur .
Proses kerusakan gigi / karies (karang gigi) dimulai dari permukaan gigi, yang terjadi setelah gigi tumbuh dalam rongga mulut. Karies (karang gigi) secara perlahan menggerogoti gigi, membuat lubang kemudian meluas ke lapisan gigi lebih dalam.

Pemberian susu dalam botol biasanya diberikan pada malam hari dan orang tua tidak mengetahui bagaimana cara menghentikan kebiasaan minum susu pada anak mereka. Sedangkan pada malam tidak ada proses perbersihan sehingga sangat memudahkan terjadinya karies .

Proses kerusakan gigi / karies (karang gigi) dimulai dari permukaan gigi, yang terjadi setelah gigi tumbuh dalam rongga mulut. Karies (karang gigi) secara perlahan menggerogoti gigi, membuat lubang kemudian meluas ke lapisan gigi lebih dalam.

Susu merupakan salah satu penyebab nursing bottle karies karena banyak orang tua mulai memberikan susu formula pada bayi dan melihat bahwa mereka mudah tertidur setelah minum susu.

Pencegahan nursing bottle karies secara umum yaitu peranan orang tua dalam kesehatan gigi dan mulut anak. Dengan cara menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari dan malam sebelum tidur serta memeriksa gigi secara berkala terlihat apakah adagigi yang berlubang, jika ada segeralah  untuk ditambal.

Rajinlah untuk memeriksakan gigi anak secara berkala

Memelihara kebersihan mulut, biasakanlah anak – anak menyikat giginya atau berkumur – kumur setiap selesai makan, agar sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi dan karang gigi akan terbuang, sehingga terjadinya kerusakan gigi dapat dicegah. Mengatur pola makanan sangat praktis hindari makan–makanan yang mengandung sikrosa seperti permen,coklat, dll.
Dan rajinlah untuk memeriksakan gigi minimal  6 bulan sekali ke Family Dental Cosmetic untuk mengetahui kondisi gigi. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati FDCiers.

Klinik Gigi YAAA FDC

Referensi:

  1. Anne , A . T . peranan orang tua dalam perawatan serta kebersihan gigi anak, Jakarta : KPPIKG   V – VI  Halaman . 339 – 342 , 1981 .
  2. Fass , EN . Is Bottle Feeding OF MILK Factor in Dental Caries , J . Dentistry For  children , 45 : 245 – 251 , April ,1971 .
  3. Harneker , S . Y . Nursing caries , A  Review . J . clinical preventive Dentistry , 10 : 3- 7, Februari 19