• (021) 86601509
  • Klender, Jatiwaringin, Pondok Kelapa, Pondok Aren

Benarkah Kebiasaan Menggemeretakkan Gigi Bisa Hilang Dengan Memakai Behel?

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, entah itu kebiasaan baik ataupun kebiasaan buruk. Setiap kebiasaan itu terjadi karena beberapa penyebab, penyebab utama kebiasaan adalah pengulangan. Karena pengulangan itu, kebiasaan bisa terjadi. Namun ada juga kebiasaan yang terjadi karena faktor keadaan, misalnya saja kebiasaan Menggemeretakkan gigi saat tidur. Ternyata, beberapa ahli juga mengatakan kebiasaan ini bisa dihilangkan dengan melakukan pemasangan behel gigi.

Sebelum lebih jauh mengetahui hubungan kebiasaan Menggemeretakkan gigi ini dengan behel. Yuk kita mengenal lebih jauh apa yang menyebabkan kebiasaan ini.

Kebiasaan Menggemeretakkan gigi disebut juga bruxism. Bruxism adalah kebiasaan seseorang melakukan aktivitas yang tidak biasa pada rongga mulutnya, seperti clenching (mengatupkan gigi pada rahang atas dan rahang bawah dengan tekanan yang besar, grinding(menggesek-gesekkan gigi pada rahang atas dan rahang bawah ke kiri dan ke kanan), bracing (menggemeretakkan gigi) baik yang terjadi ketika seseorang  menggemeretakkan gigi pada saat tidur (sleep bruxism) maupun Menggemeretakkan gigi secara sadar saat mata terbuka (awake bruxism)

Salah satu contoh Bruxism

Secara medis memang belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan bruxism tersebut. Tetapi salah satu penyebabnya adalah karena susunan gigi yang tidak rata, karena itu bruxism ini bisa berhubungan dengan behel gigi.

Jika bruxism dibiarkan menjadi kebiasaan, maka akan beresiko merusak gigi, membuat sakit kepala, juga meningkatkan stress. So, sebelum kamu terkena resiko ini, kamu harus menghindari dan menghilangkan kebiasaan ini dengan cara:

Pertama, menggunakan splint atau pelindung gigi geligi. Biasanya kamu harus konsultasi terlebih dahulu untuk membuat alat ini agar sesuai dengan susunan gigi geligi kamu.

Kedua, jika kasusnya sudah terlalu parah, seperti karena susunan gigimu yang berantakan sehingga menyulitkan fungsi pengunyahan kamu, maka sebaiknya kamu memasang behel gigi atau melakukan operasi gigi

Ketiga, melakukan terapi. Jika penyebab kamu Menggemeretakkan gigi karena stress, sebaiknya kamu melakukan meditasi agar stress kamu bisa berkurang.

Keempat, penyembuhan dengan menggunakan obat. Jika kamu pergi ke dokter untuk mengatasi kebiasaan buruk ini, maka dokter akan menyarankan kamu meminum obat berupa obat anti depresan atau relaksan otot jangka panjang yang diminum sebelum tidur.

So, FDCiers! Jika kamu ingin mengobat bruxism-mu, kamu bisa mencoba dengan memasang behel gigi. Selain bisa menghilangkan bruxism-mu, kamu juga bisa merapikan barisan gigimu yang kurang rapi, FDCiers! Lakukan pemasangan behel gigi berkualitas, hanya di FDC Dental Clinic!

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.