• (021) 86601509
  • Klender, Jatiwaringin, Pondok Kelapa, Pondok Aren

Mau Memutihkan Gigi? Pilih Home Bleaching? Atau Office Bleaching?

Beberapa tahun terakhir, minat masyarakat terhadap perawatan gigi estetik semakin meningkat. Salah satunya dengan semakin populernya perawatan bleaching untuk memutihkan gigi.

Perawatan bleaching itu sendiri, ada beberapa teknik. Yang paling banyak dikenal masyarakat pada umumnya adalah bleaching dengan teknik eksternal. Di mana bleaching dengan teknik eksternal ini memiliki dua jenis. Yaitu Home Bleaching dan  Office Bleaching.

Apa sih perbedaan dari Home Bleaching dan Office Bleaching?

Office Bleaching adalah perawatan memutihkan gigi yang dilakukan di klinik gigi atau dokter gigi yang dibantu dengan dokter gigi yang sudah professional di bidangnya. Sementara, Home Bleaching adalah perawatan memutihkan gigi di mana pasien bisa melakukannya sendiri di rumah masing-masing.

Meskipun Office Bleaching paling banyak diminati, tetapi masih ada saja orang yang memilih Home Bleaching untuk memutihkan gigi. Alasannya tentu saja, karena harga Home Bleaching jauh lebih murah dari pada Office Bleaching.

Tapi….. kamu harus tahu FDCiers! Home Bleaching lebih banyak memiliki resiko dari pada Office Bleaching. Apa saja sih pengaruh dari pemakaian Home Bleaching ini?

Pertama, karena dilakukan di rumah, kemungkinan bahan bleaching tertelan sangat besar. Dan jika sudah tertelan, maka bisa mengakibatkan meningkatnya ph saliva. Selain itu juga berpengaruh pada jaringan lunak mulu, berupa rasa yang tidak enak, rasa terbakar pada langit-langit, kerongkongan, gusi dan iritasi pada mulut terutama gusi.

Kedua, mengakibatkan hipersensitivitas. Penggunaan Home Bleaching membuat gigi menjadi lebih sensitive. Rasa ngilu biasanya timbul pada pemakaian pertama bahan bleaching dan dapat diatasi dengan mengurangi lamanya kontak bahan bleaching dan gigi.

Ketiga, pemakaian Home Bleaching membuat email gigi terkikis dan permukaaannya menjadi lebih kasar. Permukaan email mengalamai perubahan setelah mengalami perendaman dalam 10% hidrogen peroksida (bahan gel Home Bleaching) selama 192 jam.

Nah, sebelum kamu mengalami masalah karena Home Bleaching, sebaiknya kamu melakukan perawatan memutihkan gigi di klinik gigi yang mana dokternya sudah professional dan terjamin kualitasnya. Di mana lagi kalau bukan di FDC! Karena? Klinik Gigi Ya~~~~ FDC!!!

 

Referensi:

Mulyanti Adriani Lubis, Sri. 2008. Pengaruh Pemakaian Home Bleaching Terhadap Jaringan Mulut dan Restorasi Gigi. Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara

(http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/8104/980600089.pdf?sequence=1&isAllowed=y)