• (021) 86601509
  • Klender, Jatiwaringin, Pondok Kelapa, Pondok Aren

Mengapa Harus Rutin Mengganti Karet Behel?

Hei FDCiers, kamu tahu kan kalau salah satu bagian behel adalah karetnya. Biasanya karet pada behel metal itu bisa berwarna-warni FDCiers. Para pemakai behel pasti merasakan, bagaimana mereka harus rutin melakukan kontrol dan mengganti karetnya.

Seperti yang dikutip dari klikdokter.com karet berfungsi untuk menjaga kawat gigi agar tetap pada posisi yang benar dan menyatu dengan bracket. Kawat dan karet yang bersatu dengan baik memiliki kekuatan untuk mengubah posisi gigi menjadi lebih rapi seperti yang diinginkan. Lalu, apa sih alasan yang menyebabkan kita harus rutin mengganti karetnya?

Ternyata karet ini mudah melar dan mudah putus lho, FDCiers! jadi kalau tidak segera diganti, maka behel akan kehilangan satu bagian pentingnya, sehingga fungsinya pun menjadi berkurang. Nah, seberapa seringnya sih kita harus mengganti karetnya?

Jarak ideal untuk mengganti karetnya, sekitar 2-3 mingguan FDCiers. Bila lebih dari waktu tersebut, maka karet akan berkurang kelenturannya dan membuat fungsinya juga berkurang. Hal itu juga bisa memengaruhi proses ortodhonti yang sedang kamu lakukan, sehingga kamu butuh waktu lebih lama untuk merapikan gigi.

Selain penggantian karet, ternyata penggantian kawat gigi juga diperlukan lho FDCiers. perawatan kawat gigi dilakukan setelah susunan gigi sudah bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. Memangnya berapa lama sih kita harus menggunakan behel sampai gigi kita bisa menjadi rapi?

Pada umumnya penggunaannya itu sendiri bisa mencapai 18-30 bulan, FDCiers. Setelahnya juga kita harus tetap bisa menjaga posisi gigi dengan menggunakan retainer. Jika dihitung secara keseluruhan, maka kita harus mengganti karet sebanyak 32 kali sampai proses orthodonti yang kita lakukan selesai dengan baik. Penggantian karet juga dilakukan bersamaan dengan kontrol rutinmu ya, FDCiers!

Jadi, FDCiers…. jangan lupa melakukan kontrol  rutin dan mengganti karet sesuai dengan anjuran dokter gigimu. Jangan sampai gara-gara malas kontrol dan ganti karet, kamu harus lebih lama menggunakannya. Ya kan FDCiers? Hmm….. apa jangan-jangan kamu sudah menunggu saat-saat untuk mengganti karet dengan warna favoritemu ya, FDCiers?

Referensi :

http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2918292/berapa-kali-harus-ganti-karet-behel-dalam-setahun

Baca Juga  :

Inilah Yang Akan Kamu Alami Saat Pertama Kali Memakai Behel

Perlukah Pemeriksaan Rutin Saat Memakai Retainer Setelah Lepas Behel?